Gallery BW Craft – Kerajinan Batik di atas Kayu

May 1st, 2017 | by Sulis Tri
Gallery BW Craft – Kerajinan Batik di atas Kayu
Activities
0

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Dimana batik biasanya menggunakan media kain untuk menerapkan pola-pola gambarnya dengan menggunakan malam dan berbagai warna.

Tapi berbeda dengan kerajinan batik yang ada di Borobudur, tepatnya di Gallery BW Craft (Borobudur Waroeng Kerajinan), yang berada di Desa Bumisegoro, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Disini, para pengrajin menggunakan media kayu untuk membatik.

Unik bukan?

1 May 2017 (Article) #1

Kayu yang digunakan untuk membatik adalah kayu sengon, karena kayu ini tahan terhadap bubuk (hama), sehingga bagus untuk dibuat berbagai kerajinan. Sama seperti membatik diatas kain, menggunakan canting dan malam serta berbagai warna. Kayu-kayu yang akan dibatik sudah terlebih dahulu dibentuk menjadi kerajinan seperti topeng, wayang, patung dan lain-lain. Dimana biasanya kerajinan-kerajinan tersebut menggunakan bahan cat sebagai pewarnanya.

Namun, Pak Basio (Owner BW Craft) ingin membuat sesuatu yang berbeda. Maka beliau mempunyai ide untuk membatik diatas kayu dan ternyata, tanggapan wisatawan sangat positif dan langsung meminatinya. Oleh sebab itu, beliau mengembangkan usahanya dengan membuat berbagai kerajinan yang kemudian dibatik. Seperti topeng batik, wayang batik, patung batik dan lain-lain. Pak Basio dibantu oleh putrinya untuk membuat kerajinan ini, dalam sehari Pak Basio bisa membuat 10 kerajinan topeng dan wayang.

1 May 2017 (Article) #2

Selain kerajinannya yang dijual di Gallery BW Craft, di sini wisatawan juga dapat menyaksikan proses pembuatan topeng batik. Yakni mulai dari pembuatan topeng, Kayu diukir sesuai pola, kemudian dihaluskan menggunakan amplas. Lalu menggambar pola diatas topeng, yang kemudian pola dilapisi malam. Pola-pola yang digambar sesuai dengan karakter topeng yang dibuat. Setelah garis-garis pola dilapisi malam, pola gambar tersebut diwarnai sesuai dengan kebutuhan agar terlihat cantik dan menarik. Proses selanjutnya adalah menghilangkan malam yang ada di topeng dengan cara merebusnya. Malam harus benar-benar hilang agar hasil batiknya terlihat bagus. Terakhir, topeng dijemur hingga kering.

Kerajnan-kerajinan hasil kreatifitas Pak Basio dipasarkan di beberapa tempat di kawasan Candi Borobudur dimana di daerah Borobudur banyak wisatawan asing yang datang yang tentunya akan membeli souvenir untuk dibawa pulang ke negaranya. Selain itu kerajinan hasil buatannya juga dipajang di Gallery BW Craft miliknya. Barang kerajinan yang dipajang di galerinya tidak hanya produknya, akan tetapi juga dipasok oleh perajin lain, baik di sekitar Candi Borobudur maupun luar daerah seperti wayang kulit (Yogyakarta), patung Kepala Buddha dari bahan kuningan (Mojokerto), miniatur sepeda ontel dan becak (Juwono, Pati), cendera mata berbentuk kerajinan mahkota (Lampung), dan kentongan dari akar bambu (Magelang).

1 May 2017 (Article) #3

Sebagai informasi tambahan, dari berbagai produk kerajinan yang ada di galeri ini, dijual dengan harga yang relatif terjangkau, jadi.. wisatawan tidak perlu ragu-ragu lagi untuk berkunjung di Gallery BW Craft dan untuk lebih jelasnya, artikel ini juga dikemas dalam bentuk video, bisa disaksikan di channel youtube Go Borobudur, atau bisa langsung disaksikan di bawah artikel ini.

terima kasih sudah membaca dan selamat menyaksikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *