Berburu Sunrise di Bukit Barede

March 7th, 2017 | by Sulis Tri
Berburu Sunrise di Bukit Barede
Activities
0

Berbicara soal bukit, apalagi di Borobudur tentunya banyak sekali, contohnya seperti bukit Rhema, Punthuk Setumbu dan lain-lain yang lebih dulu terkenal untuk menikmati sunrise, memang tidak bisa dipungkiri menikmati sunrise dari atas bukit mempunyai daya tarik serta kenikmatan tersendiri. Oleh karena itu banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong berburu sunrise di Borobudur.

Nah.. wisata di Bukit Barede ini merupakan spot baru untuk menikmati sunrise yang lokasinya kebetulan sangat dekat dengan candi Borobudur. Bukit Barede ini berlokasi di Dusun Sendaren, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sangat dekat dari candi Borobudur, hanya terpaut jarak sekitar 2 kilometer saja, cukup strategis dan tidak memakan waktu yang lama untuk sampai ke lokasi.

Setelah sampai di lokasi teman-teman cukup membayar Rp. 5.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp.30.000,- untuk wisatawan asing (tiket masuk sudah termasuk tarif parkir). Untuk sampai ke puncak Bukit Barede tidak membutuhkan waktu lama karena jalur pendakiannya tidak terlalu terjal, hanya sekitar 700 mdpl dan cukup dekat, hanya memakan waktu sekitar 5 menit dari tempat parkir. Sehingga teman-teman tidak menghabiskan tenaga yang banyak untuk sampai di puncak dan bisa langsung menikmati keindahan sunrise dari puncak Bukit Barede.

Berbeda dengan bukit-bukit yang lainnya, Bukit Barede mempunyai daya tarik tersendiri dengan keindahan view sunrisenya. Dimana sinar keemasan menerobos hijaunya pegunungan dan terlihat jelas megahnya candi Borobudur. Serta ada beberapa rumah pohon, ayunan, tempat duduk bambu serta fasilitas lainnya yang bisa teman-teman gunakan saat menikmati sunrise.

Selain itu juga disana ada beberapa guide yang siap membantu wisatawan saat sedang berada di puncak bukit dan uniknya, para guide di Bukit Barede mengenakan pakaian tradisional Jawa lengkap dengan blangkon, mengapa demikian?

Karena kebanyakan wisatawan yang datang menikmati sunrise adalah wisatawan asing, jadi selain menikmati sunrise, para wisatawan secara tidak langsung juga menikmati kearifan lokal yang disandang oleh para guide di Bukit Barede.

Perlu teman-teman ketahui, Bukit Barede adalah salah satu tempat di kawasan Pegunungan Menoreh yang dulunya sempat digunakan Pangeran Diponegoro untuk mengumpulkan pasukan saat terjadinya Perang Jawa. Barede kepanjangan dari “Bubare perang gedhe” atau selesainya perang besar/setelah perang besar.

Dan biasanya setelah selesai menikmati sunrise, di tempat parkir akan dinyalakan musik tradisional Jawa untuk menambah suasana agar lebih berkesan. Ini yang membedakan Bukit Barede dengan tempat-tempat yang lain.

Sedikit tips nih teman-teman, untuk mendapatkan view yang diharapkan, sebaiknya datang pagi-pagi sekali sekitar pukul 04.30 supaya teman-teman dapat menyaksikan matahari terbit dari awal, atau juga bisa melakukan camping di puncak Barede agar tidak melewatkan moment yang menakjubkan serta sangat berkesan di Bukit Barede.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *