JET COOLET Camilan Merk Motor Jadul Yang Diminati Wisatawan Borobudur

March 6th, 2017 | by Sulis Tri
JET COOLET Camilan Merk Motor Jadul Yang Diminati Wisatawan Borobudur
Activities
0

Jet Coolet sepertinya asing untuk nama sebuah makanan, tapi memang seperti inilah namanya. Jet Coolet merupakan camilan yang berbahan dasar singkong dan sangat lezat rasanya. Pasti yang ada dipikiran kalian tentang singkong adalah singkong rebus atau kalau tidak ya gethuk kan?

eitss.. jangan salah, di Borobudur singkong bisa dibuat camilan yang lezat. Nggak percaya kan pasti? makanya, banyakin wawasan dan banyakin dolan (bermain)! hehe.. jadi,buat teman-teman yang ingin mengetahui lebih banyak ataupun belajar proses pembuatan Jet Coolet bisa langsung berkunjung ke Borobudur.

Tepatnya di Dusun Kretek, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, JawaTengah, terdapat sebuah home industry pembuatan Jet Coolet. Hanya sekitar 7 menit perjalanan dari candi Borobudur dengan menggunakan kendaraan bermotor, sangat dekat bukan?

Karena di Borobudur banyak terdapat ketela pohon/singkong yang biasanya hanya dikonsumsi dengan cara direbus ataupun dibuat gethuk saat ingin menikmatinya, maka Pak Mukhiban (pemilik home industry Jet Coolet) membuat kreasi baru, supaya singkong dapat minati dan dinikmati oleh semua kalangan, yaitu dengan dibuat keripik Jet Coolet.

Jet Coolet adalah irisan gethuk yang digoreng. ”Dari 200 kilogram singkong, kalau diproses menjadi Jet Coolet akan menjadi sekitar 70 kilogram saja”, kata Pak Mukhibah.

Membuat Jet Coolet yang pertama adalah singkong dikupas dulu kulitnya dan dibersihkan kemudian direbus, setelah itu singkong dihancurkan, ditumbuk sampai halus dan menjadi gethuk, kemudian baru diiris tipis-tipis lalu digoreng. Setelah itu Jet Coolet ditimbang dan dikemas untuk dipasarkan. Jet Coolet buatan Pak Mukhibah dijual di beberapa pasar seperti di pasar Borobudur, pasar Salaman, pasar Magelang, pasar Yogyakarta, pasar Muntilan bahkan sampai di Ibukota.

Awalnya Pak Mukhibah hanya memproduksi sendiri kecil-kecilan dan peralatannya pun masih sangat sederhana akan tetapi, lambat laun usaha yang beliau tekuni membuahkan hasil, kemudian berkembang dan peralatannya menggunakan peralatan modern/mesin karena pesanan semakin banyak disetiap harinya.

Dalam memproduksi Jet Coolet, Pak Mukhibah dibantu beberapa karyawannya, yang juga tetangga sekitarnya. Karena usahanya tersebut kini Jet Coolet menjadi salah satu cemilan/makanan ringan yang populer dan diminati warga Borobudur maupun wisatawan yang berkunjung di Borobudur.

Informasi tentang Jet Coolet ini juga dikemas melalui video oleh team Go Borobudur dan bisa langsung disaksikan di channel Youtube Go Borobudur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *