5 Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

October 21st, 2016 | by Ida
5 Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga
Activities
0

Melakukan perjalanan liburan bersama keluarga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mempererat hubungan antara anggota keluarga. Akan ada suasana cair dan santai namun akrab dalam sebuah family trip.

Liburan bersama keluarga agak sedikit berbeda dengan liburan bersama teman. Jika bersama teman kita bisa bertingkah sekonyol dan segila apapun, bersama keluarga biasanya kita cenderung lebih jaim. Bukan begitu?

Merencanakan liburan bersama keluarga bukanlah perkara mudah karna setiap anggota keluarga tentu punya kesibukan masing-masing. Namun, kalau memang sudah diniatkan jauh-jauh hari, pasti ada jalan.

Kalau saat ini kamu sedang merencanakan liburan bersama keluarga, beberapa tips berikut ini mungkin bisa kamu coba supaya acara liburan bersama keluargamu menjadi lebih seru dan menyenangkan.

1. Rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya

Setiap anggota keluarga pastilah punya kesibukannya masing-masing. Ini merupakan masalah utama yang membuat rencana liburan menjadi semakin sulit diwujudkan. Terutama kalau si ayah/ibu merupakan pegawai kantoran yang terikat dengan jam kerja. Ditambah lagi kalau ada anggota keluarga yang masih sekolah/kuliah. Kalau sudah begini, weekend menjadi satu-satunya hari yang bisa kita pilih.

Namun, selalu ada banyak jalan menuju Roma. Kita bisa berunding bersama keluarga untuk memanfaatkan long weekend atau hari besar nasional sebagai agenda liburan bersama. Syaratnya, kita harus mengatakan tidak jika ada teman yang juga mengajak plesir saat long weekend atau hari besar nasional.

2. Pilih tujuan sesuai kesepakatan

Saat sedang menikmati suasana santai bersama keluarga, cobalah untuk menyinggung beberapa tempat wisata keren sebagai bahan perbincangan. Siapa tahu, dari perbincangan ringan itu kemudian muncul keinginan dari seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi tempat yang sedang kalian perbincangkan.

Bukannya apa-apa, terlalu banyak tempat keren di Indonesia dan dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kalau masing-masing anggota keluarga punya keinginan yang berbeda, ya repot. Kita tak bisa memaksakan keinginan untuk mengunjungi sebuah tempat tertentu sementara anggota keluarga yang lain ternyata kurang srek. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi destinasi tertentu, pastikah semua keluarga sudah sepakat supaya semua anggota keluarga bisa all out saat hari yang ditentukan tiba.

3. Rencanakan kegiatan yang bisa menyatukan

Di tempat yang kita tuju nanti, tentu akan ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan, rencanakanlah beberapa kegiatan yang sekiranya bisa menyatukan.

Atau, kalau ingin mengunjungi tempat wisata bernuansa alam pegunungan, kamu bisa mempertimbangkan trekking atau jalan santai di kawasan perkebunan teh, misalnya. Intinya, pastikan semua anggota keluarga bisa ambil bagian dari setiap kegiatan yang akan kita lakukan di tempat yang hendak dituju.

4. Pilih penginapan sesuai budget, tapi jangan mengabaikan fasilitas

Penginapan merupakan salah satu hal paling penting saat kita melakukan perjalanan liburan bersama keluarga. Untuk itu, jangan sampai salah memilih tempat menginap.

Pastikan kamu memilih tempat menginap yang sesuai dengn budget liburan. Carilah referensi tempat menginap di internet dan temukan yang harga paling cocok dengan tidak mengabaikan fasilitas. Kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan booking hotel seperti Booking.com untuk mempermudah pencarian.

5. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut

Momen liburan bersama keluarga adalah momen yang sangat langka alias jarang terjadi. So, pastikan untuk tidak lupa mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama. Pertimbangkanlah menggunakan jasa foto untuk hasil foto yang lebih bagus dan memorable.

Comments are closed.