7 Tips Praktis Bikepacking Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan

September 8th, 2016 | by Ida
7 Tips Praktis Bikepacking Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan
Nature & Adventure
0

Traveling menggunakan sepeda mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, tercatat ada beberapa orang asal Indonesia yang berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda. Apalagi jika harga pesawat sedang tinggi biasanya travelercenderung mencari transportasi alternatif yang lebih murah termasuk sepeda.

Sepeda termasuk alat transportasi yang ringan dan murah karena mengandalkan tenaga. Agar bisa menghemat tenaga saat traveling dengan menggunakan sepeda, pelajari carabikepacking dengan baik agar aman dan tetap nyaman selama perjalanan. Berikut tips berkemas barang bawaan untuk untuk traveling dengan menggunakan sepeda seperti dilansir dari outsideonline.com, Kamis (1/9/2016).

1. Pilih light packing

Ketika menempuh perjalanan puluhan kilometer dibutuhkan tenaga dan stamina yang tidak sedikit. Agar bisa menghemat tenaga dengan baik, pilih barang-barang yang multifungsi untuk menghemat jumlah barang yang dibawa serta dengan menggunakan sepeda.

2. Atur barang bawaan

Hati-hati terlalu banyak membawa barang bawaan yang sebetulnya tidak perlu. Sepanjang perjalanan melewati perkotaan, lebih baik membeli barang-barang yang mudah untuk didapatkan selama perjalanan daripada harus membawa-bawanya selama perjalanan. Pilih barang yang paling esensial terutama pompa tangan dan alat tambal ban sepeda pribadi untuk menghindari bocor ban di tengah jalan namun jauh dari jangkauan tukang tambal ban.

Hal lain yang perlu dibawa seperti charger, power bank, perlengkapan mandi, obat P3K hingga snack untuk mengisi perut saat berada di tengah jalan yang jauh dari warung atau restoran. Jangan lupakan jas hujan dan pakaian hangat yang akan berguna saat malam hari.

3. Utamakan keseimbangan

Hindari mengaitkan barang bawaan di atas stang sepeda karena akan menghambat saat mengendalikan sepeda. Beban paling baik berada di tengah. Namun jika tidak bisa ditempatkan di tengah Anda bisa menempatkan tas di belakang jok sepeda.

4. Pilih gear ukuran kecil

Jika ingin menambahkan asesoris untuk perjalanan panjang dengan menggunakan sepeda, gunakan alat-alat atau penambahan gear dengan ukuran yang kecil dan tidak menambah beban saat melakukan perjalanan.

5. Setel tekanan ban terbaik

Demi performa terbaik saat melakukan perjalanan panjang, toleransi berat barang bawaan sebaiknya tidak melebihi berat dari seperempat berat badan pengguna sepeda. Misalnya jika berat badan 100 kilogram, usahakan berat barang bawaan tidak melebihi 25 kilogram.

6. Pilih backpack kecil

Backpack sangat dibutuhkan untuk membawa barang bawaan tambahan seperti air minum. Sewaktu-waktu Anda bisa minum dari botol yang dihubungkan dengan selang sehingga tidak perlu repot buka tutup botol selama melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan sepeda. Namun jika memang akan mengganggu perjalanan karena bobotnya akan menjadi beban tambahan, sebaiknya dipertimbangkan kembali ukuran dan berat bawaan yang akan dibawa dengan menggunakan backpack.

7. Gunakan GPS paling akurat

Bikepacker umumnya selalu traveling sendirian. Agar tidak tersesat gunakan GPS trackingsebagai panduan jalan dari point A ke point B. Penting juga untuk melakukan pemetaan jalan sebelum berangkat agar tidak tersesat. Pastikan membawa baterai cadangan untuk GPS Anda agar perjalanan sesuai dengan waktu yang sudah diperkirakan sebelumnya. Nikmati perjalanan Anda dengan sepeda. Suksesnya perjalanan Anda tidak diukur dari jauh dekatnya tujuan namun Anda bisa tiba kembali dengan selamat di rumah.

Comments are closed.