Perempuan Traveling Sendirian? Ini Tipsnya…

August 22nd, 2016 | by Ida
Perempuan Traveling Sendirian? Ini Tipsnya…
Travel
0

Bepergian seorang diri memang bukan perkara mudah, apalagi jika Anda seorang perempuan. Akan banyak orang yang mempertanyakan keputusan sekaligus mencemaskan Anda.

Namun demikian bukan berarti Anda tak dapat bepergian sendiri. Ada beberapa kiat penting yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan perjalanan Anda. Seperti yang dilakukan oleh Alyssa Ramos, perempuan yang melakukan perjalanan sendiri dikutip dari Huffington Post:

1. Kumpulkan informasi

Penting sebelum Anda melakukan perjalanan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Cari di internet, bertanya pada orang, melihat berita, yakinlah bahwa destinasi tujuan Anda bukan tempat berbahaya atau terlibat konflik.

2. Jangan berpenampilan layaknya target kejahatan

Berpenampilanlah dengan wajar dan membaur dengan lingkungan destinasi wisata Anda. Jangan juga menggunakan perhiasan yang berlebihan, aksesoris mahal, atau busana yang terbuka. Penampilan mencolok menjadikan Anda target kejahatan.

3. Jangan bertingkah layaknya target

Selain penampilan yang perlu dijaga adalah tingkah laku. Banyak wisatawan yang menjadi target kejahatan lantaran perilakunya yang mencolok dan menggangu, apalagi jika mabuk-mabukan.

4. Pelajari bahasa dasarnya

Ide yang baik jika Anda mau mempelajari bahasa destinasi wisata Anda. Selain lebih sopan akan sangat membantu dalam segala aktivitas berwisata, misal menanyakan arah, menawar harga, memesan makanan, dan lainnya.

5. Bawa senjata yang tak mirip senjata

Untuk pertahanan tak ada salahnya untuk membawa senjata. Namun tentu yang tak berbentuk senjata, contohnya peluit, gantungan kunci dengan ujung tajam, dompet yang berat, atau sekedar tepi ujung kartu identitas.

6. Pura-pura mengobrol di telepon genggam

Jika Anda merasa ketakutan dan tak aman saat berjalan sendiri, cobalah untuk pura-pura menelpon dan bicara dengan diri sendiri. Cara ini setidaknya lebih mengurungkan niat penjahat.

7. Masuk ke restoran

Jika masih merasa tak aman, segera cari restoran. Jangan sungkan untuk menyampaikan kepada pramuniaga restoran jika Anda terasa diikuti oleh orang lain, dan mintalah ia untuk mengecek keadaan di luar restoran.

8. Berjalan dengan percaya diri

Meski Anda gugup bepergian sendiri cobalah untuk tetap menjaga postur tubuh percaya diri. Pandanglah orang lain tepat dimatanya dan nikmati perjalanan Anda.

Comments are closed.