17 Agustus Semakin Dekat. Haruskah Ikut Upacara Bendera di Gunung?

August 8th, 2016 | by Ida
17 Agustus Semakin Dekat. Haruskah Ikut Upacara Bendera di Gunung?
Nature & Adventure
0

Tak terasa kita sudah memasuki bulan Agustus. Artinya, tinggal hitungan hari sampai kita tiba di hari peringatan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus.

Ada satu ritual tahunan yang selalu dilakukan oleh aparatur negara di instansi-instansi pemerintah yakni upacara bendera. Mereka yang memiliki jiwa nasionalis biasanya juga ikut ambil bagian untuk mengibarkan bendera merah putih dimana saja, termasuk di gunung.

Hampir setiap tahun pada tanggal 17 Agustus selalu ada yang melaksanana upacara bendera di gunung. Agenda ini sudah berlangsung entah dari kapan. Yang jelas, ini merupakan kegiatan positif yang bisa diikuti oleh siapa saja yang hobi mendaki.

Pertanyaannya, haruskah kita ikut upacara bendera di gunung?

Sah-sah saja kalau kita ingin join upacara bendera di gunung. Masalahnya, setiap tanggal 17 Agustus hampir semua gunung akan dipenuhi oleh pendaki dengan tujuan yang sama. Yang pada akhirnya akan membuat jalur pendakian menjadi sangat padat. Sudah begitu, akan ada banyak hal tak terduga yang sering membuat kita gagal menjadi peserta upacara bendera.

Sebelum memutuskan untuk benar-benar mengikuti upacara bendera, sebaiknya ketahui dulu hal-hal berikut ini:

 

Siap-siap untuk antri di jalur pendakian

Seperti yang sudah saya singgung di atas, jalur pendakian di hampir semua gunung pada malam 17 Agustus akan sangat padat. Bahkan jauh lebih padat dari yang kita bayangkan. Percaya atau tidak, di beberapa titik jalur pendakian bahkan akan terjadi antrian pendaki (baca: macet). Sialnya lagi, titik macet biasanya akan terjadi di sebuah tanjakan dimana para pendaki harus banyak istirahat untuk mengumpulkan nafas.

Selain jalur pendakian, area camping juga merupakan titik yang tak kalah padat. Jangan heran kalau kita akan melihat pemandangan di gunung yang lebih mirip pasar dadakan.

Sisi positifnya, semakin banyak orang yang kita temui dalam di gunung, semakin banyak teman baru yang akan kita dapat

 

Jangan malu untuk bertanya tentang agenda upacara

Jika kamu benar-benar berniat untuk mengukiti upacara bendera di gunung, jangan ragu untuk bertanya kapan agenda upacara akan berlangsung. Tanyakan detail jam serta lokasinya. Karna, akan ada banyak godaan yang akan kita dapatkan di gunung. Termasuk malas bangun karna udara yang dingin atau godaan untuk menikmati pemandangan.

Saya pernah mengalami hal kurang menyenangkan terkait upacara di gunung. Pada tahun 2014 ketika hendak ikut upcara bendera di Gunung Merapi, saya melewatkan agenda upcara. Ketika upacara sedang berlangsung, saya sedang berada dalam perjalanan ke puncak sementara upacara dilaksakan di Pasar Bubrah. Kesalahan saya waktu itu adalah tidak mempelajari agenda upacara.

Satu hal yang juta harus dicatat adalah bahwa upacara bendera di gunung sama sekali berbeda dengan upacara bendera di sekolah atau tempat-tempat formal lain. Tak ada sambutan sana sini yang membuat pelaksanaan upacara bendera hanya berlangsung beberapa menit saja. To the point

 

Beberapa gunung yang berpotensi membludak pada tanggal 17 Agustus

Ada beberapa gunung mainstream yang hampir dipastikan akan dibanjiri pendaki pada tanggal 17 Agustus. Antara lain Semeru, Lawu, Prau, Merbabu, Merapi, Rinjani, Gede dan Pangrango. Pada hari-hari biasa, gunung-gunung tersebut sudah ramai oleh kunjungan para pendaki sehingga mudah diprediksi bahwa jumlah pengunjungnya akan bertambah signifikan pada tanggal 17 Agustus.

Jika kamu memang berniat mengikuti upacara bendera di gunung-gunung tersebut, siapkan mental serta pelajari agenda upacara supaya tidak terlewatkan.

Comments are closed.