6 Tempat Untuk Menikmati Sunrise di Sekitar Candi Borobudur Dengan Harga Irit

July 29th, 2016 | by Ida
6 Tempat Untuk Menikmati Sunrise di Sekitar Candi Borobudur Dengan Harga Irit
Nature & Adventure
0

Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan membuat Candi Borobudur menjadi salah satu tempat terbaik di Jawa Tengah untuk menikmati pemandangan sunrise.

Sayangnya, kita harus mengeluarkan cukup banyak uang untuk bisa menikmati pemandangan sunrise di Candi Borobudur. Kamu tahu berapa tiket sunrise di Candi Borobudur? Sekitar Rp 270.000. Mahal kan…?

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Untuk menikmati keindahan sunrise di sekitar Borobudur pun kita juga punya banyak pilihan. Karna untuk masuk ke kompleks candi ongkosnya cukup mahal, beberapa wisatawan lebih memilih menikmati sunrise di sekitar Candi Borobudur dengan mengunjungi beberapa bukit yang ada di sekitarnya, yang pemandangannya tidak kalah keren.

Berikut ini adalah 6 tempat di sekitar Candi Borobudur yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menikmati pemandangan sunrise:

1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan tempat paling terkenal untuk menikmati pemandangan sunrise di sekitar Candi Borobudur. Beberapa orang mungkin tahu tempat ini dari film AAD2. Jauh sebelum itu, Punthuk Setumbu sudah dikenal oleh banyak orang. Tak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara. Beberapa orang sering menyebut tempat ini dengan Borobudur Nirvana Sunrise.

Bukit Punthuk Setumbu memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan indahnya bukit-bukit di sekitar Candi Borobudur. Lokasi bukit ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

2. Gereja Ayam

Hanyak berjarak beberapa menit berjalan kaki dari bukit Punthuk Setumbu, Gereja Ayam juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan sunrise di sekitar Borobudur. Sama seperti Punthuk Setumbu, beberapa orang mungkin juga tahu tempat ini dari film AADC 2.

Gereja Ayam merupakan bekas rumah ibadah yang kini lebih sering dikunjungi wisatawan karna tempat ini memang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Dari atas gedung ini kita bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau di sekitar Candi Borobudur.

3. Purwosari Hill

Lokasi Purwosari Hill juga masih berada di sekitar Gereja Ayam dan Punthuk Setumbu. Untuk menuju ke bukit ini kita bisa melalui jalan setapak dari Gereja Ayam atau Punthuk Setumbu. Bisa juga melalui rute yang memang mengarah langsung ke Purwosari Hill. Pemandangan yang disajikan bukit ini tidak jauh berbeda dengan Punthuk Setumbu, meskipun, namanya memang kurang terkenal. Lokasi Purwosari Hill berada di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang.

4. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan tempat yang telah dikembangkan sedemikian rupa untuk menikmati pemandangan bukit di sekitar Borobudur. Konsepnya mirip Kalibiru dimana di sana terdapat rumah pohon serta spot foto khusus berupa jembatan bambu. Dari tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan sunrise yang tak kalah cantik. Lokasi Punthuk Mongkrong berada di Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang.

5. Punthuk Kendil

Sama seperti Punthuk Mongkrong, di Punthuk Kendil juga terdapat spot foto khusus yang terbuat dari bambu. Dari tempat ini kita bisa menikmati pemandangan 4 gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan sunrise di Punthuk Kendil juga tidak kalah dari tempat-tempat lain. Lokasi tempat ini berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang.

6. Punthuk Sukmojoyo

Lokasi Punthuk Sukmojoyo masih berada di kawasan yang sama dengan Punthuk Kendil dan Punthuk Mongkrong. Sama seperti kedua tetangganya, di Punthuk Sukmojoyo juga disediakan spot khsusus untuk foto yang berada di atas pohon. Lokasi tempat ini berada di bawah Punthuk Mongkrong, tepatnya di Dusun Giripurno, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang

Comments are closed.