7 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Gunung Tidar

July 18th, 2016 | by Ida
7 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Gunung Tidar
Nature & Adventure
0

Selain Candi Borobudur yang sudah mendunia, Magelang masih punya banyak tempat menarik lain yang bisa kita kunjungi. Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Magelang, cobalah untuk memasukkan Gunung Tidar dalam daftar itinerary

Gunung Tidar merupakan salah satu hal yang membuat Magelang menjadi istimewa. Gunung (atau mungkin lebih tepat disebut bukit) ini, berada di tengah-tengah kota. Gunung Tidar bisa kita lihat dari banyak tempat di Magelang

Gunung Tidar merupakan sebuah tempat yang bersejarah. Gunung ini sering dijadikan tempat latihan Akademi Militer. Gunung ini juga bukan tempat yang asing bagi para peziarah. Meski identik dengan kegiatan lathan militer dan ziarah, Gunung Tidar juga merupakan tempat yang asik untuk jalan-jalan. Apalagi, suasana di sana sangat teduh. Tipikal tempat yang ideal untuk ngadem.

Tinggi Gunung Tidar sendiri hanya sekitar 503 mdpl. Di sepanjang jalur menuju puncak sudah dibangun tangga untuk memudahkan para pengunjung.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum jalan-jalan ke Gunung Tidar:

1. Punya sejarah yang ngeri

Gunung Tidar merupakan sebuah tempat yang memiliki sejarah yang cukup ngeri. Konon, pada jaman dulu, barang siapa yang berani datang ke tempat ini tak akan pernah selamat dan hanya akan pulan dengan nama. Gunung ini dulu dihuni oleh seorang jin. Jin tersebut selalu memerintahkan anak buahnya untuk memangsa orang-orang yang datang ke Gunung Tidar. Cerita maut tersebut berakhir ketika ada seorang syech bernama Syaikh Subakir yang berhasil mengalahkan sang jin. Sejak saat itu, Gunung Tidar tak lagi mematikan dan sering dikunjungi oleh mereka yang ingin berziarah. Makam Syaikh Subakir sendiri dapat kita temui di Gunung Tidar

Nama “Tidar” sendiri merupakan akronim dari mati dan modar. Modar merupakan Bahasa Jawa kasar yang artinya meninggal.

2. Tempatnya cukup mistis

Gunung Tidar ini tempatnya memang agak mistis. Pohon-pohon besar dengan usia yang pastilah sudah sangat sudah banyak tumbuh di sana. Untuk mereka yang jarang jalan-jalan ke alam terbuka, pemandangan yang ada di sekitar Gunung Tidar ini memang akan sedikit menyeramkan. Namun, sisi positifnya, hal itu membuat suasana di Gunung Tidar menjadi sangat sejuk.

Di sekitar puncak gunung ini bahkan terdapat banyak tempat duduk yang bisa kita jadikan tempat untuk bersantai sambil mencari inspirasi atau ngobrol santai.

3. Harus ijin sama juru kunci sebelum naik

Seperti Merapi yang selalu punya juru kunci, Gunung Tidar juga demikian. Bahkan, sebelum masuk ke pintu gerbang pendakian Gunung Tidar para pengunjung wajib melapor terlebih dulu kepada sang juru kunci seraya meminta ijin. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada sang juru kunci. Lokasi pintu pintu masuk Gunung Tidar sendiri berada di belakang terminal angkutan kota Magelang. Tidak jauh dari Pasar Burung Sasana Kukila.

4. Sering dikunjungi para perizarah

Jangan heran kalau kamu akan menjumpai rombongan peziarah saat sedang jalan-jalan ke Gunung Tidar. Tempat ini memang menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah di sekitar Magelang. Di beberapa jalur pendakian Gunung Tidar terdapat beberapa titik yang menjadi tempat pemberhentian para peziarah. Titik tersebut merupakan makam dengan bangunan yang sangat mencolok.

Gunung Tidar sendiri memang merupakan rumah dari beberapa makam para ulama yang mungkin dianggap penting oleh para peziarah. Salah satunya adalah makam Syaikh Subakir yang dipercaya sebagai penakluk jin di Gunung Tidar.

5. Ada “Tugu Pahlawan” di puncaknya

Di area puncak Gunung Tidar terdapat sebuah monumen yang bentuknya sekilas mengingatkan kita pada monumen Tugu Pahlawan di Surabaya. Monumen tersebut bukan sembarang monumen karna dipercaya sebagai pakunya tanah Jawa. Konon, jika tidak dipaku, seluruh pulau jawa akan hanyut terbaya air laut. Dan kebetulan, posisi dari monumen ini memang berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

6. Tempat yang pas untuk ngadem di Magelang

Iya, suasana yang ada di Gunung Tidar memang cukup mistis. Namun, suasana di sana sangat nyaman untuk mencari suasana tenang seraya mencari inspirasi. Di area puncak Gunung Tidar terdapat sebuah tanah lapang yang sering dijadikan tempat latihan akademi militer. Di sekitar tanah lapang ini terdapat banyak tempat duduk dengan suasana yang sangat teduh dan nyaman.

 

7. Banyak monyet

Satu hal lain yang akan banyak kita temukan di Gunung Tidar adalah monyet-monyet liar. Monyet-monyet tersebut biasanya akan berkeliaran di sekitar track pendakian. Kehadiran monyet-monyet tersebut bisa jadi menyebalkan, bisa juga sebaliknya. Tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Yang jelas, kita harus hati-hati karna monyet-monyet tersebut biasanya akan mengincar makanan yang kita bawa.

Comments are closed.