8 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Gunung Andong

June 30th, 2016 | by Ida
8 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Gunung Andong
Nature & Adventure
0

Jika kamu sedang mencari gunung yang ideal untuk pemula, salah satu opsi yang bisa kamu pilih adalah Gunung Andong. Meski sudah sangat mainstream, menjadikan Gunung Andong sebagai tujuan pendakian bukanlah pilihan yang salah. Apalagi untuk pemula

Gunung Andong secara administratif masuk wilayah Kabupaten Magelang namun lebih dekat jika diakses dari Kota Salatiga via Kopeng. Nama Gunung Andong semakin melejit karna meskipun mungil namun gunung ini memiliki pemandangan yang aduhai.

Tinggi maksimal Gunung Andong hanya 1.726 mdpl. Meskipun demikian, mendaki Gunung Andong tanpa persiapan adalah hal yang keliru. Untuk sampai ke puncak kita memang hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam, namun track Gunung Andong cukup curam. Untuk yang belum terbiasa mendaki gunung, hal ini akan cukup merepotkan. Di sepanjang jalur pendakian juga tidak ada shelter untuk mendirikan tenda jadi mau tak mau kita harus sampai ke puncak.

Sebelum mendaki Gunung Andong, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal berikut ini:

 

1. Ideal untuk pemula

Seperti yang sudah disinggung di atas, tinggi maksimal Gunung Andong hanya 1.726 mdpl. Dengan tinggi segitu kita hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak. Track yang akan kita lewati sepenuhnya merupakan tanah liat, tak ada track pasir sama sekali. Kemiringan track Gunung Andong sekitar 45 derajat dan konstan. Kita tidak akan menemukan track datar sama sekali.

Dengan kondisi track demikian — ditambah tinggi maskimalnya yang hanya 1.726 mdpl — Gunung Andong menjadi salah satu gunung yang paling ideal untuk para pendaki pemula. Sedangkan untuk pendaki yang sudah berpengalaman, Gunung Andong bisa dijadikan objek pelepas rindu jika keinginan untuk mendaki sudah di ubun-ubun sementara keadaan belum memungkinkan untuk mendaki gunung yang lebih tinggi dengan track yang lebih kompleks.

2. Ramainya ga ketulungan

Sejak ada Instragram dan media sosial lain, nama Gunung Andong semakin tenar. Mereka yang tadinya belum tahu tentang gunung ini mendadak jadi tahu. Mendengar fakta bahwa tinggi Gunung Andong hanya 1.726 mdpl, mereka yang tadinya tidak suka mendaki gunung mendadak menjadi suka. Banyak orang yang pada akhirnya juga ingin menikmati keindahan Gunung Andong.

Tak heran kalau Gunung Andong tak pernah sepi dari kunjungan pendaki. Bahkan saat weekend, kita mungkin akan sangat kesulitan menemukan tempat kosong untuk mendirikan tenda. Sebelum seramai sekarang, dulu hanya ada satu jalur pendakian ke Gunung Andong yakni melalui Desa Sawit. Namun, saat ini sudah dibuka jalur lain melalui sisi sebelah timur.

Kalau ingin mendapatkan suasana yang lebih sepi, mungkin kamu bisa datang ke Gunung Andong saat weekdays.

3. Kecil-kecil cabe rawit

Memang benar bahwa tinggi Gunung Andong hanya 1.726 mdpl. Namun, kondisi track yang curam cukup untuk membuat kaki merasa pegal. Jadi, kalau ingin mendaki Gunung Andong kita tetap membutuhkan persiapan fisik. Terutama kalau kamu belum pernah mendaki gunung sama sekali.

4. Punya 4 puncak

Puncak Gunung Andong berbentuk memanjang dari barat ke timur. Di sepanjang bentangan puncak tersebut terdapat beberapa titik yang dianggap sebagai puncak. Terhitung ada 4 puncak yang akan kita temukan di Gunung Andong. Dari yang paling barat ada Puncak Makam kemudian Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap (paling timur). Puncak Andong merupakan titik tertinggi di Gunung Andong. Dari masing-masing puncak tersebut kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

5. Bertetangga dekat dengan Gunung Merbabu

Salah satu hal menarik yang akan kita dapatkan ketika mendaki Gunung Andong adalah kita akan sangat dekat dengan Gunung Merbabu. Pemandangan Gunung Merbabu benar-benar akan terlihat dengan sangat jelas di pelupuk mata. Dekat sekali. Saat melakukan pendakian pada malam hari, kita bahkan bisa melihat kilatan lampu senter milik pendaki yang sedang mendaki Gunung Merbabu.

6. Tidak ada shelter di jalur pendakian

Di sepanjang jalur pendakian menuju puncak Gunung Andong kita tidak akan menemukan shelter untuk mendirikan tenda. Satu-satunya area camping di Gunung Andong adalah di puncak. Jadi — sekali lagi — untuk kamu yang belum pernah mendaki gunung, jangan lupa siapkan fisik yang prima sebelum mendaki Gunung Andong.

7. Ada sumber air

Kabar baiknya, di jalur pendakian Gunung Andong (via Sawit) kita akan menemukan sebuah sumber air yang dialirkan melalui sebuah pipa sehingga perihal kebutuhan air bukan menjadi masalah ketika mendaki Gunung Andong. Namun, hati-hati ketika melewati titik ini. Kondisi track tanah liat yang terkena air akan menjadi sedikit licin.

8. Ada warung di puncak

Kebutuhan logistik bukanlah sebuah masalah besar di Gunung Andong. Tanpa membawa logistik pun kita tak akan kelaparan karna di puncak Gunung Andong sudah mulai ada warung. Warung tersebut bukan berbentuk bangunan rumah seperti yang ada di Gunung Lawu melainkan tenda plastik dengan ruangan cukup luas. Namun, besar kemungkinan kalau warung di puncak Gunung Andong hanya akan buka pada akhir pekan serta hari-hari libur.

Comments are closed.