Informasi Jalur hingga Tiket Pendakian Gunung Merapi, Simak di Sini…

June 17th, 2016 | by Ida
Informasi Jalur hingga Tiket Pendakian Gunung Merapi, Simak di Sini…
Nature & Adventure
0

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah adalah salah satu gunung yang bisa menjadi tujuan wisata petualangan. Jalur dengan tanah bertipe regosol dan berwarna hitam dan abu-abu akan menemani pendakian Anda.

Jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk mendaki Gunung Merapi adalah melalui Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jalur itu juga berada di dekat kaki Gunung Merbabu yang juga masih di Kecamatan Selo.

Jika berencana mendaki Gunung Merapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari batasan pendakian hingga tips mendaki. Anggota Merapi Merbabu Guide Club, Suroto (43) kepada KompasTravel memberikan beberapa tips pendakian Gunung Merapi.

1. Perlengkapan pendakian

Jika ingin mendaki Gunung Merapi, pastikan perlengkapan pendakian telah lengkap. Suroto mengatakan, perlengkapan pendakian yang wajib dibawa seperti sepatu, balakclava, senter, tenda, dan kantung tidur.

Hal lain yang jangan lupa untuk dibawa adalah makanan ringan dan minuman selama pendakian berlangsung. Untuk penggunaan sepatu diwajibkan karena medan pendakian yang berbatu dan juga kering.

2. Tiket masuk

Syarat jika ingin mendaki Gunung Merapi adalah membayar biaya administrasi tanda memasuki taman nasional. Biaya yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Merapi adalah Rp 15.000.

Biaya tersebut terdiri dari Rp 5.000 sebagai biaya karcis masuk pengunjung, Rp 5.000 sebagai biaya kegiatan penelusuran hutan(trekking) dan mendaki gunung, dan Rp 5.000 sebagai biaya karcis jasa jalur gunung merapi.

3. Jalur pendakian

Jalur pendakian Gunung Merapi bisa dipantau dengan cukup jelas. Dengan karakteristik jalur yang berbatu dan berpasir, ada kemungkinan pendaki bisa menghirup udara bercampur debu.

Gunakan masker untuk melindungi pernafasan dan pelindung kaki (gaiter) untuk mencegah batu kerikil masuk. Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah batas pendakian akhir hingga Pasar Bubrah.

Imbauan tersebut mengingat bahaya terpeleset ke lereng utara yang terjal sejauh 400 meter ketika berada di Puncak Gunung Merapi. Jika terpeleset ke lereng selatan, pendaki bisa jatuh ke kawah.

4. Naik ojek

Dari Jalan Raya Boyolali – Magelang, jarak yang mesti ditempuh hingga Pos New Selo sekitar 2 kilometer dengan medan yang menanjak. Alternatif yang bisa digunakan untuk memudahkan perjalanan adalah menggunakan jasa ojek motor.

Biaya yang dibutuhkan untuk menaiki ojek motor dari Jalan Raya Boyolali – Magelang hingga Pos New Selo sekitar Rp 25.000. Pendaki bisa bertanya di sekitar pintu masuk jalur pendakian Gunung Merapi di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

sumber: kompas

Comments are closed.