Bebatuan Purbakala Diduga Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Ditemukan di Lereng Merapi

May 22nd, 2016 | by Ida
Bebatuan Purbakala Diduga Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Ditemukan di Lereng Merapi
News
0

Puing-puing bebatuan purbakala ditemukan warga di pemukiman lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Gendungan, Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bebatuan itu berwujud mirip bangunan candi, permukiman dan kandang kuda.

Pemerhati budaya, Dwiyatim Manturo menduga benda-benda itu merupakan situs peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Informasi yang dihimpun, situs itu ditemukan pertama kali oleh Sumarlan Sastra Sudarmo (74), warga setempat, saat sedang mencangkul di sawah.

Tanpa disengaja cangkulnya mengenai benda keras mirip batu. Sumarlan tidak menduga sebelumnya bahwa benda itu adalah benda-benda bersejarah.

“Saat itu saya sedang mencangkul di sawah, tiba-tiba kena batu. Saya kira batu biasa tapi setelah saya gali untuk disingkirkan ternyata bentuknya aneh mirip lumpang,” kata dia, Selasa (17/5/2016).

Sumarlan kemudian memberitahukan penemuan itu kepada Kepala Desa Kalibening Nurbiyanto lalu diteruskan kepada aparat terkait.

Menurut Sumarlan, benda-benda serupa juga pernah ditemukan warga beberapa tahun silam. Lokasi tersebut, katanya, memang dikenal warga sebagai Tamansari.

“Tapi dulu benda-benda itu dibiarkan saja oleh warga, ada yang tertimbun lagi, ada juga yang hanyut, karena warga saat itu tidak tahu kalau itu benda bersejarah,” kata dia.

Kepala Desa Kalibening Nurbiyanto mengatakan, setelah penemuan itu, pihaknya kemudian mengerahkan warga dan perangkat desa untuk melakukan penggalian di parit dan persawahan sekitar lokasi.

Ternyata mereka menemukan banyak benda-benda kuno di lokasi tersebut, antara lain lumpang bulat panjang, lumpang bulat, yoni, gandik, relief kosong dan beberapa patung.

“Kami sudah melaporkan hal ini ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang untuk ditindaklanjuti, untuk sementara benda-benda ini kami amankan,” ujar Nurbiyanto.

sumber: tribunnews

Comments are closed.