15 Trik Cerdas Menghemat Uang Saat Traveling

May 20th, 2016 | by Ida
15 Trik Cerdas Menghemat Uang Saat Traveling
Travel
0

Musim liburan ada di depan mata, dan banyak dari Anda yang mungkin sudah mulai merencanakan berwisata ke luar negeri. Mungkin ada dari Anda yang enggan untuk berjelajah ke luar negeri karena masalah bujet, namun sesungguhnya ada banyak cara untuk menghemat uang saat traveling.

Dilansir dari situs Brightside pada Rabu (11/5/2016), traveling ke luar negeri bisa dilakukan oleh siapa saja selama direncanakn dengan baik. Menghemat uang saat traveling pun tidak akan mengurangi kesenangan dalam liburan Anda. Berikut trik menghemat uang yang dapat Anda lakukan saat sedang mengeksplorasi negara-negara lain di dunia.

1. Menyewa apartemen atau menggunakan fasilitas tempat tinggal penduduk lokal
Anda tak bisa benar-benar menikmati suasana suatu kota jika menginap di hotel yang membosankan. Jiwa dari suatu kota dapat ditemukan dari daerah-daerah dimana para penduduk lokal hidup dan bekerja. Jadi, menyewa apartemen adalah pilihan cerdas, misalnya melalui airbnb.com, apalagi jika Anda berencana untuk tinggal dalam waktu yang lama. Dengan ini, Anda tak hanya menghemat uang, namun juga bisa lebih membaur dengan komunitas lokal.

Couch surfing adalah cara lain yang bisa dilakukan saat Anda ingin mengeksplorasi suatu daerah tanpa menghabiskan uang untuk akomodasi. Anda bisa mendaftar dalam situscouchsurfing.com untuk kesempatan mencari orang-orang yang menyediakan tempat tinggal gratis, dan juga menawarkan tempat tinggal Anda untuk sesama wisatawan.

2. Mendarat di bandar udara besar
Terbang dan mendarat di bandar udara besar biasanya lebih murah dibandingkan mendarat langsung di bandara lokal. Misalnya untuk mencapai kota Nice, akan lebih murah jika Anda naik pesawat ke Milan dan melanjutkan perjalanan ke Nice dengan kereta api.

3. Gunakan penerbangan bujet dan cari tiket murah
Penerbangan sering memberikan penawaran tiket murah. Agar Anda dapat mengetahui informasi tiket murah, Anda dapat mendaftar ke situs penerbangan tertentu agar dikirimkan newsletter. Opsi lain adalah menggunakan penerbangan bujet rendah. Namun Anda harus memperhatikan tambahan biaya untuk koper dan makanan. Dalam kasus ini, Anda bisa mengakalinya dengan membawa koper yang masuk ke kabin pesawat dan cemilan untuk dinikmati di pesawat.

4. Penerbangan paling murah cenderung lebih pagi atau larut malam
Penerbangan dengan jam-jam seperti subuh atau tengah malam tidak populer dan justru akan lebih murah. Padahal, dengan berangkat di pagi hari, Anda akan memiliki banyak waktu efektif yang dapat digunakan untuk berjalan-jalan saat Anda tiba di tujuan.

5. Gunakan transportasi publik
Anda dapat menikmati kota manapun dengan transportasi publik daripada bus turis yang bisa lebih mahal hingga 5 kali dari harga tiket bus publik. Misalkan di Berlin, bus umum no. 100 menawarkan tur tamasya yang paling murah. Hanya dengan 3 euro, Anda akan melewati tujuan wisata utama seperti Alexanderplatz, Under den Linden, Berlin Cathedral, the Brandenburg Gate, the Tiergarten, Postdamer Platz, the Berlin zoo, dan lainnya.

6. Beli kartu museum
Kartu museum adalah kartu personal yang memperbolehkan pemiliknya untuk masuk ke hampir semua museum di kota tersebut dalam satu hari atau lebih. Kartu ini tersedia di sebagian kota besar di dunia. Jika Anda ingin mengunjungi banyak museum dalam jangka waktu yang pendek, dengan biaya yang lebih murah dan tanpa antri, kartu ini adalah pilihat tepat bagi Anda.

7. Pikiran metode pembayaran yang akan digunakan
Jika Anda akan berlibur ke Eropa yang menggunakan mata uang Euro, maka lebih dianjurkan untuk memakai kartu kredit Mastercard dibandingkan Visa. Alasannya adalah, Visa selalu mengenakan biaya konversi mata uang, berbeda dengan Mastercard. Namun di beberapa negara, kartu kredit tidak bisa selalu diandalkan. Perhatikan nilai tukar di negara-negara yang akan Anda kunjungi karena Anda harus selalu memiliki uang tunai dalam perjalanan.

8. Makan siang yang kenyang sangat penting
Kafe dan restoran biasanya paling ramai di malam hari. Untuk itu mereka banyak memberikan diskon untung sarapan dan makan siang. Manfaatkan kesempatan ini untuk menghemat biaya makan.

9. Pesan kamar rahasia
Ini adalah opsi lain untuk menghemat biaya akomodasi bagi Anda yang tak takut bereksperimen. Kamar hotel rahasia adalah kamar-kamar yang dapat dipesan dengan harga miring dari 30% – 50% dari harga biasanya. Namun, Anda tak diberi informasi dari awal mengenai dari hotel manakah kamar tersebut. Anda dapat menemukan penawaran seperti ini di situs lastminute.com dan hotwire.com.

10. Temukan kode promo yang masih aktif
Sekarang ini, berbelanja di dunia maya menjadi pilihan banyak orang karena nyaman dan aman. Bahkan ada orang-orang tertentu yang hanya mau membeli barang melalui dunia maya. Dalam hal traveling, Anda dapat membeli tiket pesawat, memesan kamar hotel dan banyak hal lain melalui online dimana banyak penawaran diskon dan promo. Anda harus jeli mencari hotel, tikel, restoran yang menawarkan harga lebih murah dari tempat-tempat lainnya.

11. Mencoba makanan lokal tanpa harus ke restoran mahal
Anda ingin mencoba kuliner lokal? Coba kunjungi situs-situs yang memberikan informasi tentang restoran dengan harga terjangkau dan lezat yang tersedia di daerah penduduk. Anda tak harus ke restoran mahal untuk menikmati makanan lokal, dan dengan cara ini Anda dapat bertemu dengan penduduk setempat dan mendapatkan informasi tentang jenis-jenis makanan yang wajib Anda coba.

12. Jangan takut untuk meminta potongan harga dan pelayanan ekstra
Misalnya, di beberapa hotel, Anda dapat meminta pengurangan harga atau transportasi gratis dari bandara ke pusat kota. Di negara-negara Asia, Anda dapat menawar untuk mendapatkan harga yang cocok di kantong Anda, bahkan kadang bisa 50% lebih murah dari harga yang ditawarkan.

13. Siapkan rencana perjalanan dengan detail
Traveling spontan memang seru dan menyenangkan, namun bukan cara yang tepat jika Anda ingin menghemat uang. Jika Anda ingin mengurangi bujet, Anda harus melakukan perencanaan dari awal. Rencanakan sedetail mungkin seperti bagaimana rute transportasi Anda, mengetahui museum atau pusat wisata yang gratis, dan membaca ulasan restoran untuk mengetahui harga. Semua hal ini akan mengurangi pengeluaran traveling Anda.

14. Pastikan ada aplikasi traveling dan peta di ponsel
Aplikasi dan peta yang dapat digunakan offline akan sangat berguna bagi perjalanan Anda. Bahkan ada beberapa dari aplikasi tersebut yang dapat Anda jadikan pemandu wisata gratis.

15. Liburan bersama sahabat
Anda yang melakukan traveling seorang diri akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya akomodasi. Misalnya di negara-negara Asia, Anda dapat menyewa vila yang mewah dan nyaman dengan harga bersahabat, jika dibagi dengan 4-5 orang teman Anda.

Comments are closed.