Perhelatan BJF 2016 Diharapkan Perkaya Destinasi Borobudur

May 14th, 2016 | by Ida
Perhelatan BJF 2016 Diharapkan Perkaya Destinasi Borobudur
Events
0

Perhelatan Borobudur Jazz Festival (BJF) 2016 diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Apalagi sejumlah musisi papan atas akan manggung di BJF.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan BJF 2016 terselenggara berkat dukungan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI. Ajang ini diharapkan mampu memaksimalkan potensi pariwisata Borobudur.

Menurut Prasetyo BJF dirancang untuk mengangkat Borobudur ke posisi lebih menginternasional, dalam konteks even. Dengan demikian, Borobudur tidak hanya menjadi lokasi ritual dan wisata spiritual namun juga wisata musik, sport, budaya, dan film.

“BJF merupakan sarana menghidupkan Borobudur, sarana menarik wisatawan dan mempromosikan Borobudur sebagai destinasi dunia. Kami ingin menjadikan Borobudur sebagai magnet wisata. Caranya dengan membanyak even,” kata dia.

Disebutkan Borobudur kini sudah ditetapkan sebagai 10 destinasi prioritas dan dibentuk Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Borobudur. Jika tahun 2015 lalu ada 3.558.690 wisatawan ke Borobudur, yang terdiri 3.302.328 wisnus dan 256.362 wisatawan mancanegara (wisman) maka tahun 2017 mendatang jumlahnya ditargetkan lebih dari tujuh juta wisatawan.

Prasetyo menggarisbawahi bahwa wisatawan tidak boleh menumpuk di Candi Borobudur saja. Ia ingin wisatawan bisa menyebar ke lokasi wisata lain di kawasan Borobudur. Karena itu, nantinya akan dibangun destinasi lain berdasarkan klaster.

Untuk itu, ia berharap BJF bisa digelar rutin setiap tahun. BJF 2016 digelar di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu 15 Mei 2016 pukul 14.00 s/d 23.00 WIB. Para musisi akan tampil dengan latar belakang Candi Borobudur sehingga menambah kesan istimewa pagelaran tahunan ini.

Musisi internasional yang akan tampil adalah Jeff Lorber & Friends. Jeff merupakan musisi Amerika Serikat (AS) yang terampil memainkan instruments, piano, keyboards, gitar. Salah satu karyanya yang monumental adalah The Jeff Lorber Fusion(1977, Inner City), Worth Waiting For (1993, Verve-Forecast), West Side Stories (1994, Verve-Forecast), dan State of Grace (1996, Verve-Forecast).

Namun aksi panggung yang paling ditunggu adalah Krakatau Reunion. Hebatnya, Krakatau akan tampil dengan formasi penuh mulai Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Trie Utami, Indra Lesmana, Pra B Dharma dan Doni Suhendra.

sumber: suara merdeka

Comments are closed.