4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Perjalananmu Tak Akan Terlupakan

April 19th, 2016 | by Ida
4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Perjalananmu Tak Akan Terlupakan
Travel
0

Tempat yang dikunjungi boleh saja sama, tapi pengalaman yang didapatkan oleh setiap orang pastilah akan berbeda. Karna setiap orang punya caranya sendiri-sendiri untuk menikmati dan memaknai perjalanan.

Selagi masih muda dan bisa, melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru adalah hal yang sangat disarankan. Itu adalah bagian dari cara generasi muda untuk mendapatkan pengalaman hidup. Berbagai pengalaman yang kita dapatkan saat melakukan perjalanan akan menjadi bahan cerita saat kita duduk menikmati sore yang gerimis bersama anak atau cucu di masa depan.

Seiring semakin populernya traveling sebagai gaya hidup di kalangan generasi millennial, semakin banyak pula peluang bagi kita untuk melakukan perjalanan. Namun, untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal dan tak terlupakan, kita harus melakukan perjalanan dengan cara yang berbeda. Cara kita sendiri. Sekali lagi, tempat yang dikunjungi boleh sama, tapi pengalaman dan cerita yang didapatkan setiap orang pasti berbeda.

Untuk mendapatkan pengalaman traveling yang berharga dan tak akan terlupakan sepanjang hidup, hal-hal berikut ini mungkin bisa kamu coba.

 

“Buatlah perjalananmu menderita”

Menderita saat traveling adalah menderita yang indah. Maksud menderita di sini adalah, kita melakukan perjalanan dengan budget pas-pasan. Istilah yang sering digunakan saat ini adalah nggembel. Perjalanan yang jauh dari kesan mewah akan membuat kita mendapatkan banyak sekali pengalaman hidup. Backpacking adalah model perjalanan yang bisa kamu pilih.

Backpacking adalah bentuk perjalanan yang menitik beratkan pada konsep low cost. Seorang backpacker adalah mereka yang melakukan perjalanan dengan budget pas-pasan namun dengan tujuan mendapatkan pengalaman hidup yang maksimal. Konsep backpacking juga bersifat independent yang artinya kita sendirilah yang menyusun semua rencana perjalanan. Backpacking juga sering diasosiakan sebagai media untuk bejalar bertahan hidup dan menempa mental. Meski terkesan menderita karna budget yang dibawa sangat minim, melakukan perjalanan dengan konsep backpacking akan memberikan sebuah pengalaman hidup yang tak akan pernah terlupakan sampai kapanpun.

 

Bermain dan berinteraksilah dengan warga lokal atau orang asing

Saat kita melakukan perjalanan ke sebuah tempat tertentu dan mendapati warga lokal sedang bermain, jangan lewatkan kesempatan untuk join karna itu akan menjadi sebuah pengalaman yang membekas di hati. Traveling adalah tentang menikmati moment yang ada.

Dalam beberapa kesempatan, kita mungkin juga akan bertemu dengan warga lokal atau orang asing. Mungkin saat sedang jajan di warung atau simply menunggu kereta datang. Manfaatkanlah moment itu untuk mengobrol dengan mereka karna kadang, akan ada banyak hal-hal kecil dari sebuah obrolan yang tiba-tiba akan membuat kita sadar terhadap sebuah kondisi tertentu yang akhirnya membuat kita membatin “oh, ternyata”.

Sebenarnya, orang asing yang kita temui dalam perjalanan adalah seorang teman baru.

 

 

“There are no strangers here; Only friends you haven’t yet met” -William Butler Yeats

 

Kalau harus traveling rame-rame, travelinglah bersama teman dekat

Untuk beberapa alasan, kadang kita ingin melakukan perjalanan seorang diri. Tapi, jika kita harus pergi rame-rame, pergilah bersama kawan-kawan dekat. Ada banyak hal yang akan kita dapatkan saat melakukan perjalanan bersama teman.

Semua juga tahu, waktu selalu berjalan maju secara saklek. Pada masanya setiap orang akan menjalani hidup masing-masing atas nama masa depan. Meninggalkan teman.

Saat bertemu di kemudian hari, moment-moment gila yang pernah kita lakukan bersama akan menjadi bahan obrolan yang mengingatkan kita pada kejayaan di masa muda. Dengan traveling bersama kawan dekat, akan semakin banyak moment tak terlupakan yang kita ciptakan.

 

Tuliskan cerita perjalananmu

Salah satu alasan kenapa banyak orang ingin menjadi penulis adalah karna mereka ingin tetap dikenang dengan karyanya. Kahlil Gibran mungkin telah mati, tapi banyak karyanya yang diterbitkan ulang dan menjadi bahan diskusi di lingkungan akademis.

Menuliskan cerita perjalanan akan membuat kita lebih memaknai sebuah perjalanan. Setiap detil moment adalah sebuah pengalaman yang akan membuat perjalanan menjadi lebih “hidup”. Menuliskan cerita perjalanan akan membuat perjalanan itu sendiri akan tetap hidup.

Comments are closed.