6 Alasan Kenapa Orang Suka Naik Gunung

April 3rd, 2016 | by Ida
6 Alasan Kenapa Orang Suka Naik Gunung
Nature & Adventure
0

Walau melelahkan, naik gunung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Saking menyenangkannya, ada beberapa orang yang menjadikan naik gunung sebagai gaya hidup atau hobi.

Setiap orang tentu punya latar belakang yang menjadikannya gemar naik gunung. Dari yang awalnya mungkin sekedar iseng atau penasaran hingga menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan secara rutin.

Jumlah pendaki gunung di Indonesia kini semakin banyak. Komunitas-komunitas pendaki juga semakin tumbuh. Meski tergolong sebagai hobi yang cukup mahal, toh mendaki gunung kini menjadi semakin populer, terutama di kalangana anak muda.

Alasan orang naik gunung tentu bermacam-macam. Ada yang menjadikan naik gunung sebagai salah satu syarat untuk menunjukkan eksistensi, ada juga yang menjadikan naik gunung sebagai salah satu media belajar mandiri dan menempa diri. Apapaun alasannya, ada satu hal yang menjadi kesamaan. Naik gunung membuat kita bahagia.

Berikut ini adalah 6 dari sekian banyak alasan kenapa orang suka naik gunung:

1. Untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan

Mendaki gunung berarti kita akan menuju ke sebuah tempat yang berada pada ketinggian yang tidak biasa. Lelah sudah pasti. Tapi ketika berhasil mencapai puncak, ada sebuah rasa bangga dan syukur yang luar biasa. Terutama untuk mereka yang baru pertama kali naik gunung. Rasanya, kita begitu dekat dengan Sang Pencipta. Ketika berhasil berdiri di puncak gunung untuk pertama kali, akan ada banyak sekali hal yang membuat kita sadar bahwa ternyata dunia ini sangatlah luas dan kita bagaikan titik kecil di lautan yang bahkan tak terlihat. Kita akan semakin mawas diri dan semakin sadar bahwa kuasa Tuhan memang tidak ada batasnya.

2. Untuk mendapatkan pelajaran hidup

Ada juga beberapa orang yang menjadikan sebuah pendakian sebagai media untuk belajar menjadi pribadi yang lebih tangguh dan bijak. Saat mendaki gunung, mau tak mau kita harus hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam. Mendaki gunung akan mengajarkan kita tentang sebuah proses kehidupan. Bahwa untuk menikmati keindahan kita harus berlelah-lelah dulu. Kalau kata peribahasa, berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian.

3. Supaya bisa menikmati keindahan alam semesta

Indahnya pemandangan alam menjadi anestesi yang membuat rasa sakit dan lelah ketika mendaki gunung menjadi tidak terasa. Pemandangan alam jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang suka naik gunung. Itulah sebabnya kenapa Gunung Semeru dan Gunung Rinjani menjadi dua gunung yang paling terkenal di kalangan pendaki. Karna kedua gunung tersebut memiliki pemandangan super keren yang akan membuat kita malas pulang. Gunung Semeru punya Ranu Kumbolo sedangkan Gunung Rinjani punya Segara Anak. Itu belum termasuk padang rumput yang dipenuhi oleh bunga-bunga edelweis serta indahnya pemandangan dari puncak. Semakin indah pemandangan sebuah gunung, semakin banyak orang yang akan mendaki.

4. Karna pekerjaan

Ada juga orang yang mendaki gunung karna pekerjaan. Misalnya adalah porter atau guide pendakian. Beberapa profesi kadang juga mengharuskan seseorang untuk naik gunung. Contohnya adalah fotografer yang ingin mendokumentasikan keindahan alam atau seorang penulis perjalanan yang mau tak mau harus lebih banyak melakukan observasi agar tulisannya menjadi valid.

5. Untuk menenangkan diri dan mencari inspirasi

Sebuah alasan yang sangat masuk akal jika ada seseorang yang ingin menyepi dan mencari ketenangan di gunung. Suasana alam yang adem dan tidak bising akan membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan nyaman. Saat mendaki gunung, kadang kita juga akan mendapatkan banyak inspirasi. Memangnya untuk mencari inspirasi harus ke gunung? Memang tidak. Tapi, suasana hening dan nyaman di gunung akan memberikan ketenangan yang tak akan kita dapatkan di tempat lain.

6. Karna diajak

Hobi naik gunung kadang datang tanpa sengaja. Awalnya mungkin kamu mendaki gunung karna diajak teman. Ternyata, kamu sadar bahwa naik gunung itu memang menyenangkan sekaligus menantang. Lalu, kamu menjadi ketagihan dan ingin mendaki lebih banyak gunung.

Beberapa hal dalam hidup ini memang terjadi tanpa kesengajaan. Seperti ketika kita bertemu dengan seseorang di gerbong kereta yang membuat kita tak bisa tidur semalaman.

Comments are closed.