Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

April 1st, 2016 | by Ida
Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas
Nature & Adventure
0

Jika tidak sedang ditutup, Gunung Merbabu di Jawa Tengah adalah salah satu gunung yang menjadi incaran para pendaki. Keindahan alam di Gunung Merbabu berhasil mencuri hati para pendaki di Indonesia

Secara administratif, lokasi Gunung Merbabu masuk tiga wilayah kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Boyolali serta Semarang. Jalur pendakiannya pun tersebar merata di tiga daerah tersebut.

Dari wilayah Magelang, Gunung Merbabu dapat dicapai melalui jalur Wekas. Jalur ini merupakan jalur yang banyak dipilih oleh para pendaki dari luar kota karna lokasinya cukup dekat dengan Jogja. Track pendakian Gunung Merbabu via Wekas ini tergolong sedang. Bisa dikatakan berat bisa juga dikatan tidak. Tergantung perspektif masing-masing pendaki. Yang jelas, persiapan fisik adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin mendaki Gunung Merbabu via Wekas.

Melakukan pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Wekas kita akan melewati tiga buah pos sebelum sampai ke puncak. Jika ditotal, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak adalah sekitar 6 sampai 8 jam. Pos pertama jalur Wekas berupa bangunan bertembok mempunyai ruang kecil yang dibelakangnya terdapat sebuah makam. Pos kedua merupakan sebuah tanah lapang yang cukup untuk mendirikan beberapa puluh tenda. Di sini (pos 2) terdapat sumber air sehingga kita bisa mengisi ulang jika persediaan air yang kita bawa ternyata kurang. Sedangkan pos tiga ditandai dengan sebuah tugu kecil. Di sekitar pos tiga ini terdapat persimpangan yang mempertemukan jalur pendakian via Wekas, Cunthel dan Thekelan.

 

Transportasi ke Desa Wekas

Dari Magelang, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan angkutan umum jurusan Kopeng atau Salatiga lalu turun di gapura desa Wekas. Dari sini, kita bisa berjalan kaki menuju base camp yang jaraknya sekitar 3 km. Jika tidak ingin terlalu capek, kita bisa meminta tukang ojek untuk mengantar ke base camp.

Karna jalur pendakian Wekas ini sudah sangat umum, kita tidak akan terlalu kesulitan karna track pendakian serta jalurnya sudah sangat jelas. Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati terutama jika menemui persimpangan. Menjaga keseimbangan juga merupakan hal yang penting karna di beberapa titik kita akan menjumpai track yang disamping kiri dan kanannya adalah jurang. Jika lengah, akibatnya bisa fatal.

Berikut ini adalah peta jalur pendakian via Wekas yang bisa kamu pelajari sebelum mulai melakukan pendakian.

peta-jalur-wekas

Comments are closed.