Penyelenggaraan Event Bertaraf Internasional Diperlukan untuk Genjot Kunjungan Wisman ke Borobudur

March 23rd, 2016 | by Ida
Penyelenggaraan Event Bertaraf Internasional Diperlukan untuk Genjot Kunjungan Wisman ke Borobudur
News
0

Kalangan akademisi dan juga pengamat pariwisata menilai penyelenggaraan sejumlah event di Candi Borobudur baik budaya maupun kegiatan lainnya diharuskan bertaraf internasional.

Hal ini, agar tingkat kunjungan wisatawan luar negeri bisa terus digenjot dan mendatangkan kesejahteraan bagi warga di sekitarnya.

Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Politeknik Negeri Jakarta, Heri Setyawan menjelaskan, event kebudayaan dan olahraga bertaraf internasional bisa menjadi alternatif untuk mengundang wisatawan mancanegara agar mau berkunjung ke Candi Boorobudur.

Dia menyebutkan, semakin banyak kalender kegiatan yang dilaksanakan di sekitar kawasan wisata Candi Borobudur, berbanding lurus dengan bertambahnya kunjungan wisatawan utamanya wisatawan mancanegara.

“Banyaknya agenda kegiatan budaya dan olahraga yang bertaraf internasional dan dilaksanakan di kawasan Candi Borobudur, selain menarik para wisatawan mancanegara untuk datang dan melihatnya, juga nantinya diharapkan masyarakat sekitarnya akan sejahtera,” kata Heri dalam acara pertemuan pemangku kepentingan dan penguatan dan pengembangan destinasi MICE.

Meski demikian, untuk mengukur berhasil tidaknya suatu agenda kegiatan tersebut ditunjang beberapa faktor. Diantaranya, memiliki keunikan yang lain dari yang lain, lokasinya mudah dijangkau, didukung sarana prasarana dan berbasis lokal.

“Selain itu juga yang sangat berperan dalam agenda kegiatan tersebut yakni peranan pemberitaan di media massa, media sosial dan lainnya sebagai sarana untuk publikasi dan promosi,” katanya.

Sementara itu, Dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Subarkah Hadi Sarjana mengatakan, justru menyayangkan jika obyek wisata bertaraf internasional ini tidak dimanfaatkan secara baik.

Padahal, Kabupaten Magelang mempunyai keuntungan tersendiri dalam dunia pariwisata, karena memiliki obyek wisata yang mendunia yakni Candi Borobudur.

Dia memberikan masukan agar banyak event-event besar sering diadakan di Magelang, utamanya di Borobudur. Dia menilai, pemangku kepentingan dan pemerintah bisa mengundang pelukis, penulis atau fotografer dunia berlomba ke Borobudur.

“Jangan sampai orang (bangsa) lain memanfaatkannya. Apalagi sekarang sudah memasuki era persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jangan sampai kita jadi budak di negeri sendiri,” kata Subarkah yang juga dikenal sebagai aktor komedi di Indonesia ini.

sumber: tribun news

Comments are closed.