Kerajinan Ukir Bambu Desa Wanurejo, Borobudur

January 25th, 2016 | by Ida
Kerajinan Ukir Bambu Desa Wanurejo, Borobudur
Art
0

Jika berkunjung ke Dusun Gedongan, Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sempatkanlah mampir ke sentra kerajinan dan galeri ukir bambu “Seribu Wulung” milik Pak Suradi dan Pak Mursidi. Usaha ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah daerah pada tahun 2010 dan tahun berikutnya mulai dikembangkan secara luas. Kerajinan ukir bambu “Seribu Wulung” ini sudah pernah memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori miniatur Candi Borobudur terbesar yang terbuat dari bambu.

Kerajinan ukir bambu yang dihasilkan di sini sebagian besar merupakan hiasan dinding yang bertema wayang. Adapun jenis bambu yang digunakan adalah bambu wulung. Hasil produksinya biasanya dijual di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sentra kerajinan ukir bambu ini juga sering mendapat pesanan dari luar negeri, seperti Malaysia. Selain itu, bagi pengunjung yang menggemari kerajinan anyaman dari bambu, di sini juga tersedia.
Wisatawan yang berkunjung ke sentra kerajinan dan galeri ukir bambu “Seribu Wulung” tidak hanya wisatawan lokal saja, tetapi juga wisatawan asing, seperti dari Taiwan. Di sini, selain wisatawan dapat membeli hasil kerajinan ukir bambu, juga bisa berlatih membuat kerajinan ukir bambu.
DSC01594
DSC01882
sumber: wanurejotourism

Comments are closed.