Wisata Gerabah di Dusun Klipoh

January 7th, 2016 | by Ida
Wisata Gerabah di Dusun Klipoh
Culture
0

DSC_4327

Seni membuat gerabah kini menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki berbagai kawasan di Indonesia, tak terkecuali di Dusun Klipoh, salah satu kawasan yang berada di Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur. Di sini Anda akan dimanjakan dengan beragam pemandangan kerajinan gerabah yang mempesona mata.

Nama Klipoh sendiri diambil dari bahasa Sansakerta yang disusun dari dua kata, kali dan poh. Seperti yang sudah banyak diketahui, kali memiliki arti lain yaitu sungai, sedangkan poh berarti tempat.

Seperti kebanyakan sentra kerajinan lainnya, berkunjung di Dusun Klipoh berarti Anda tak hanya akan menemukan aneka bentuk kerajinan unik berbahan dasar tanah liat, namun lebih daripada itu, Anda akan menikmati proses pembuatan kerajinan gerabah itu sendiri. Ya, pengrajin gerabah merupakan salah satu sumber utama mata pencaharian warga yang berada sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini. Jadi jangan heran jika Anda akan menemukan banyaknya warga yang dengan sabar dan lincah mampu membuat aneka macam kerajinan gerabah yang bermanfaat, baik masih remaja ataupun mereka yang telah lanjut usia.

Beragam peralatan rumah tangga yang sering banyak dibuat di tempat ini diantaranya kendi, gentong, tempayan, kuali, wajan dan tentu saja cobek. Selain dapat digunakan dalam keperluan memasak, beragam kerajinan gerabah ini juga cocok dijadikan buah tangan bagi sahabat atau kerabat dekat Anda, apalagi bagi mereka yang kerap kali melakukan berbagai eksperimen di dapur. Di banyak rumah warga, Anda kemungkinan besar akan menemukan ruang tamu yang beralih fungsi menjadi showroom pribadi. Di showroom inilah para pengrajin biasa memajang barang dagangan hasil kerajinan tangan mereka.

Beragam hasil kerajinan gerabah dijual mulai harga ribuan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan cara pembuatan produk.

Beberapa atraksi lain yang tidak kalah unik dan menarik, juga bisa dikembangkan di sini, seperti kesenian tradisional, kegiatan menanam padi, atraksi kuliner dan lain sebagainya. Selain itu, fasilitas akomodasi seperti homestay, persewaan sepeda, tour delman, gallery dan lain sebagainya harus bisa menjadi penunjang kenyamanan para wisatawan.

 

Comments are closed.