Tutup Tahun 2015, ‘Borobudur Today’ Manjakan Hati Warga Jawa Tengah

December 11th, 2015 | by Ida
Tutup Tahun 2015, ‘Borobudur Today’ Manjakan Hati Warga Jawa Tengah
Art
0

Borobudur – Sebuah perhelatan seni, budaya dan kepariwisataan akbar akan disajikan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15 Kabupaten Magelang, pada akhir tahun melalui kegiatan “Borobudur Today”.

Kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 27 Desember 2015 hingga 27 Januari 2016, dengan melibatkan sekitar 300 seniman dari berbagai daerah dan luar negeri, seperti sekitar Candi Borobudur, Magelang, Yogyakarta, Bali, Jepara, Solo, Klaten, Wonosobo, Jakarta, dan Chekoslovakia serta Afganistan.

“Kami mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan pihak Taman Wisata Candi Borobudur untuk menggelar kegiatan ‘Borobudur Today’ tahun ini. Ini akan kami jadikan agenda tahunan di kawasan Candi Borobudur setiap akhir tahun,” kata Koordinator KSBI 15 Kabupaten Magelang Umar Chusaeni di Borobudur, pada hari Selasa.

Ia menyebutkan rangkaian “Borobudur Today” pada tahun 2015 meliputi kegiatan pameran seni rupa, karnaval budaya, performa seni, pentas teatrikal, pentas kesenian rakyat, dan lomba fotografi.

Masyarakat sekitar, terutama di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, katanya, bakal ikut serta bersama para peserta “Borobudur Today” dalam karnaval budaya dengan berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter di sepanjang Jalan Balaputra Dewa hingga Limanjawi Art House di Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo.”Ini menjadi syukuran budaya para seniman kawasan Candi Borobudur, terutama yang tergabung dalam KSBI 15 dengan menjaring para seniman dan pelaku budaya dari berbagai kota, atas kiprah kesenian selama setahun terakhir, di kawasan warisan budaya dunia Candi Borobudur ini,” kata Umar yang juga pengelola Limanjawi Art House Borobudur itu.

 

antarafoto-seniman-borobudur-200715-ha-3

Comments are closed.