BOROBUDUR TODAY “Art and Emotion”

December 10th, 2015 | by Ida
BOROBUDUR TODAY “Art and Emotion”
Culture
0

Seni Adalah Totalitas

Limanjawi-S

Perkembangan pariwisata, seni dan budaya di Borobudur dalam 5 tahun terakhir ini tumbuh begitu pesat. Tingkat kunjungan wisatawan ke Borobudur semakin banyak,mereka mulai mengapresiasi tentang seni dan budaya. Bercermin dari hal tersebut, Ketua KSBI 15 Umar Chusaeni menggagas acara Borobudur Today bertajuk Art and Emotion. BorobudurToday adalah salahsatu bentuk kreativitas dari para pelaku seni yang ada di Borobudur, untuk memberikan kesempatan kepada seniman mengekspresikan karya yang mereka ciptakan. Sekaligus melestarikan seni budaya yang ada di Borobudur sehingga bisa tetap lestari. “Borobudur Today ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan tanggungjawab kami para pelaku seni, untuk mempersembahkan karya-karya terbaik sebagai pendukung pariwisata Borobudur”, ungkap Umar Chusaeni.
Menurut Umar Chusaeni, Borobudur Today kali ini mengusung tema Art and Emotion (Seni dan Emosi)karena mengandung arti bahwa seni itu harus dilakukan dengan penuh totalitas. “Ketika seseorang sudah terjun kedunia seni, secara natural emosinya akan muncul. Dengan emosi positif yang kuat, makaakan menghasilkan karya-karya terbaik.”
Beragam aktivitas membaur dalam Borobudur Today kali ini,diantaranya pameran lukisan dan patung instalasi yang diikuti oleh seniman-seniman Nasional dan International. Borobudur Today yang sudah menglobal ini menjadi semacam kebutuhan bahwa Borobudur sebagai tempat untuk menunjukkan karya-karya seniman Nasional dan International.
Parade Budaya juga turut memeriahkan event Borobudur Today, yang menampilkan kesenian-kesenian tradisional dengan kreativitas seni modern kontemporer yang ada di Kabupaten Magelang khususnya Borobudur.
“Seniman-seniman di Borobudur dan sekitarnya membuat sesuatu yang menarik untuk dilihat di karnaval budaya. Diantaranya parade gong, seni-seni tradisional, juga beberapa aktivitas yang menjadi hiburan pelengkap kunjungan wisatawan ke Borobudur dengan menyaksikan parade budaya ini”, ungkap Umar Chusaeni.
Umar juga menambahkan bahwa akan ada sajian musik, puisi, dll yang menjadi satu rangkaian kegiatan dalam Borobudur Today ini. “Kami juga menyelenggarakan lomba fotografi. Kami menangkap peluang dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Dengan adanya teknologi digital, mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para fotografer muda, baik yang amatir maupun profesional untuk terlibat dalam Borobudur Today ini, menghasilkan karya-karya fotografi yang bagus”, kata Umar Chusaeni.
Borobudur Todaymenjadi sebuah pembelajaran, menyediakan media bagi fotografer-fotografer untuk mengabadikan peristiwa budaya di Borobudur. Lomba fotografi ini juga didukung sepenuhnya oleh para fotografer muda di Borobudur yang tergabung dalam komunitas Borobudur Fotografi.
Borobudur Today ini merupakan yang kedua kalinya. Umar Chusaeni berharap, ini bukan penyelenggaraan yang terakhir. Dengan berbekal semangat kebersamaan, Umar Chusaeni yakin bahwa Borobudur Today yang akan datang menjadi event tahunan yang senantiasa ditunggu oleh para seniman baik nasional, tradisional dan international, untuk bisa bersama-sama memberikan warna baru, menampilkan karya-karya terbaru dari seniman-seniman yang berkarya untuk masa depan seni dan budaya Indonesia.

IMG-20151208-WA0012

Comments are closed.