Jasa Rental Sepeda

December 7th, 2015 | by Ida
Jasa Rental Sepeda
Culture
0

rental sepeda

Tingginya minat ‘wisata sepeda’ diikuti menjamurnya penyedia jasa rental sepeda. Salah satunya dilakukan oleh anggota Komunitas Sepeda Kuno VOC Magelang, Pramono. Dengan semangat dan kecintaan terhadap besi-besi tua itu dia mengabdikan diri untuk melayani para wisatawan yang menginginkan sensasi mengayuh sepeda kuno.
Awalnya, Pramono hanya hobi mengoleksi sepeda tua. Kemudian ia ingin berbagi kepada sesama dengan menyewakan sepeda koleksinya itu kepada para wisatawan. Tujuan membuka usaha penyewaan sepeda, bukan semata mencari keuntungan, melainkan untuk mengajak masyarakat bersepeda. Kini, ia telah memiliki dua ribuan sepeda tua.
‘’Tujuan utama membuka rental sepeda bukan mencari keuntungan, tetapi
mengajak masyarakat untuk kembali bersepeda. Saat ini adalah momentum paling tepat untuk memasyarakatkan sepeda sebagai alat trasportasi ramah lingkungan yang menyehatkan,’’ kata Pramono.
Usaha rental sepeda, selain memasyarakatkan bersepeda, sekaligus menjajal pasar sambil terus menambah armada sepeda onthelnya. Ia optimistis jika usahanya akan mudah diterima pasar, seiring dengan tingginya minat ‘wisata sepeda’ di kawasan Borobudur dan sekitarnya.
Pria kelahiran Magelang, 24 Desember 1950 ini menjelaskan, bahwa ketertarikannya berbisnis rental sepeda karena melihat peluang yang belum banyak dilirik orang. Memang ada beberapa yang sudah menjajal jasa ini, tapi dinilainya kurang memuaskan karena sepeda yang digunakan terkesan asal-asalan. ‘Barang’ yang disediakan Pramono dijamin orisinil, dan tidak akan mengecewakan wisatawan.
Tak hanya di Magelang, Pramono juga membuka rental sepeda onthel di Yogyakarta. Warga asli Magelang ini baru 1,5 tahun merintis usaha tersebut, dan Yogya dipilih sebagai pilot project mengingat Yogja sebagai kota tujuan wisata utama kedua di Indonesia setelah Bali.
Sasarannya, selain hotel juga tempat-tempat wisata, yang mana
fasilitas rental sepeda ini sebagai pelengkap fasilitas objek wisata
tersebut. ‘’Siapa saja bisa meminjam sepeda onthel ini dengan tarif cukupmurah,’’ katanya.
Per hari, sewa satu unit sepeda tarifnya 1 USD (sekitar Rp9.000 – Rp10.000). Di setiap hotel, ia menitipkan dua hingga empat unit sepeda untuk disewakan. Dan, setiap bulannya selalu ada yang menyewa sepeda-sepeda tersebut.

Comments are closed.